CARA ALAMI HILANGKAN STRETCH MARK (SELULIT)

Merasa kesal karena timbulnya stretch mark? Ya, stretch mark atau biasa disebut kulit jeruk memang kerap kali membuat Anda menjadi tidak percaya diri. Selulit atau guratan ini merupakan timbulnya garis-garis berwarna merah muda pada kulit. Lama kelamaan, garis merah ini akan berubah menjadi garis berwarna putih.

Stretch mark muncul karena kulit mengalami peregangan dan elastisitas kulit tidak memadai menangani peregangan yang terjadi. Akibatnya, kulit seperti pecah dan timbul garis-garis atau guratan tersebut.

Pada sebagian besar wanita hamil, stretch mark tidak dapat dielakkan. Biasanya muncul saat usia kehamilan 4-5 bulan. Saat peregangan terjadi, kemunculan stretch mark atau guratan ini biasanya disertai rasa gatal. Jika digaruk secara berlebihan, dapat menyebabkan luka pada kulit. Tetapi, kemunculan stretch mark tergantung keelastisan kulit tiap orang. Jika seseorang memiliki kulit yang elastis, kemungkinan saat hamil dan setelahnya tidak akan timbul stretchmark. Biasanya, ini bersifat genetik. Jika ibu Anda tidak mengalami stretch mark, mungkin Anda dapat terhindar juga dari masalah ini.
Ini merupakan hal yang wajar, karena wanita hamil mengalami pembesaran pada perut sebagai tanda berkembangnya janin di dalam rahim. Wanita hamil juga biasa mengalami kenaikan badan yang cukup signifikan. Rata-rata, minimal kenaikan berat badan 10 kg terjadi pada wanita hamil. Sehingga kulit meregang tidak hanya pada bagian perut, juga pada lengan, payudara, pinggul, paha, dan bokong. Bagian tubuh inilah yang menjadi tempat favorit munculnya stretch mark. Stretch mark juga dapat terjadi pada seseorang yang sebelumnya mengalami kegemukan dan berubah menjadi kurus.
Pada wanita hamil yang telah melahirkan, garis-garis akan memudar setelah bayi lahir, namun umumnya tidak dapat hilang 100% karena sudah terjadi robekan di bagian jaringan bawah kulit. Itulah, sebabnya kehadiran stretch mark menjadi sesuatu yang menakutkan bagi wanita hamil.
Cara Mencegah timbulnya Selulit:

Tingkatkan elastisitas kulit dari dalam tubuh

  • Caranya dengan mengkonsumsi vitamin dan mineral yang mampu membuat kulit menjadi elastis. Atau, dengan cara alami, Anda dapat memperbanyak konsumsi sayur, buah dan minum air 
Pertahankan kulit agar tetap lembab
  • Oleskan lotion pada kulit. Atau Anda dapat menggunakan krim anti stretch mark yang khusus untuk wanita hamil. Krim ini biasanya lebih lembap dibandingkan krim biasa. Penggunaan krim dapat dimulai sejak dini, sejak kandungan masih kecil dan belum terjadi perenggangan. 

Perawatan setelah kelahiran

  • Sehabis melahirkan, Anda dapat tetap menggunakan krim tersebut atau menggunakan minyak zaitun atau minyak cendana yang juga dapat melembapkan dan mengurangi bekas stretch mark. Hanya saja, jika telah timbul, biasanya agak sulit untuk hilang sama sekali.

 

Untuk memiliki tubuh indah dan bersih bebas stretch mark dengan beberapa tip alami berikut:

Ampas Kopi

Ampas kopi dipercaya untuk memudarkan dan menghilangkan stretch mark yang timbul pada bagian paha, lengan, betis, dan perut. Cara ini sangat mudah dan sederhana. Gunakan ampas kopi yang masih hangat dan gosokkan pada area stretch mark selama lima hingga sepuluh menit. Lakukan ritual tersebut tiga kali seminggu dan Anda akan mendapatkan kulit yang bersih dan mulus.

Air Garam

Tenang saja! Anda tidak harus menggosokkan garam ke bagian stretch mark kok. Yang harus dilakukan yaitu berendam dalam air yang mengandung garam selama sepuluh menit. Jika tidak memungkinkan, cukup oleskan air garam dan diamkan selama lima menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan kegiatan ini sebelum mandi dan lemak yang tertimbun pun akan hilang secara perlahan.

Ramuan Herbal

Satu cara yang juga natural yaitu menggunakan campuran wortel, ketumbar, dan daun thyme. Haluskan bahan – bahan tersebut dan oleskan pada bagian tubuh Anda yang memiliki stretch mark. Gosok secara perlahan selama lima menit dan diamkan, lalu bersihkan dengan air bersih.

Vitamin E

Selain untuk dikomsumsi setiap hari, minyak vitamin E dapat digunakan untuk memijat bagian stretch markpada tubuh Anda. Minyak vitamin E berfungsi untuk memperbaiki sel – sel kulit rusak dan mengisi kolagen pada kulit lho. No more stretch mark to ruin your day!

sumber:

http://www.cosmopolitan.co.id

http://www.kumpulantips.net

http://www.roomcantik.com

Categories: TIPS | Tags: , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: