The Power of Words and How They Affect (Affirmasi & sugesti)

Sugesti adalah pengaruh yang dapat menggerakkan hati/pikiran orang
Dalam hipnosis, sugesti diberikan dalam kondisi trance dan diharapkan akan dilaksanakan setelah subjek bangun dari kondisi itu.. Jadi yang disugestikan ke bawah sadar baru dilaksanakan setelah subjek sadar. Ini dinamakan post-hypnotic suggestion.

 Contoh sugesti stage hypnosis: …..saat anda bangun nanti, anda lupa dengan angka 6……..bla…bla…bla. apa yang terjadi ? Benar. Setelah bangun subjek lupa dengan angka 6.

Contoh sugesti dalam hypno-birthing: ….saat anda bangun nanti, setiap kali anda merasakan gerakan alami atau gelombang rahim, anda langsung merasa nyaman dan nikmat.

Kata-kata yang perlu di hindari selama sesi hypnosis

Coba, Sakit, Harus, Cemas, Kecemasan, Tidak

♦ Kata NYERI/ SAKIT sebaiknya dig anti dengan KURANGNYAMANAN

♦ Kata CEMAS sebaiknya diganti dengan KURANG SANTAI

♦ Kata KECEMASAN sebaiknya diganti dengan KURANGRILEKS

♦ Kata COBA dan HARUS sebaiknya dihilangkan sepenuhnya

♦ Kata TIDAK harus diganti dengan sugesti yang lebih positif

Afirmasi adalah Kalimat positif lengkap yang disusun sesuia dengan keinginan kita (mis.: kalau kita melakukan self hypnosis), bersifat spesifik dan mengandung harapan2/cita2
Afirmasi yang disampaikan tidak dalam kondisi hipnosis hanyalah bersifat informasi belaka.. Tapi kalau disampaikan dalam keadaan hipnosis afirmasi tsb merupakan media komunikasi kepada seluruh tubuh untuk melakukan sebuah perubahan yaitu dari kondisi sekarang ke kondisi yang diinginkan.

  • Contoh:
    Kondisi: Ingin Bersalin Nyaman
  • Afirmasi:
    Hari ini, saat ini, saya bahagia menuju proses bersalin yang nyaman dan indah. Saya selalu ingat akan nikmat Tuhan yang diberikan kepada saya juga janin saya.
  • Kondisi yang dirasakan: Saat anda merasakan bahwa anda ingin menuju ke kondisi bersalin dnegan nyaman,rasakan dan bayangkan bagaimana indahnya menjadi berhasil melahirkan dengan nyaman. Bayangkan bagaimana anda bisa bertemu dengan bayi anda dan anda merasa nikmat.
  • (Nah ini yang disebut VIVIVIKASI/ Pemantapan Niat)

Afirmasi adalah pernyataan positif yang menggambarkan situasi yang diinginkan, dan yang berulang kali, dalam rangka untuk mengesankan pikiran bawah sadar dan memicu ke tindakan positif. Untuk memastikan efektivitas afirmasi, mereka harus diulang dengan perhatian, keyakinan, dan keinginan.

Lebih dari sering, orang-orang dalam pikiran mereka mengulangi kata-kata negatif dan laporan tentang situasi dan peristiwa dalam hidup mereka, dan akibatnya membawa kepada diri mereka sendiri situasi yang tidak diinginkan. Kata-kata dan pernyataan bekerja dua arah, untuk membangun atau menghancurkan. Ini adalah cara kita menggunakan kata-kata yang menentukan apakah kata-kata tersebut akan membawa hasil baik atau berbahaya.

Sering kali, orang mengulangi pernyataan negatif dalam pikiran mereka, bahkan tanpa menyadari apa yang mereka lakukan. Kata-kata diulang membantu Anda memfokuskan pikiran Anda pada tujuan Anda, dan secara otomatis membangun citra mental yang sesuai di pikiran sadar, yang mempengaruhi pikiran bawah sadar. Pikiran sadar, pikiran Anda berpikir dengan, memulai proses ini, kemudian pikiran bawah sadar mengambil alih. Dengan menggunakan proses ini secara sadar dan sungguh-sungguh, Anda dapat mempengaruhi pikiran bawah sadar Anda dan dengan demikian mengubah kebiasaan Anda, perilaku, sikap mental dan reaksi, dan bahkan membentuk kembali kehidupan eksternal Anda.

Bagaimana Cara Ulangi Afirmasi

Dianjurkan untuk mengulangi afirmasi yang kalimatnya tidak terlalu panjang, agar lebih mudah untuk diingat. Ulangi kalimat afirmasi tersebut kapan saja dimana saja saat pikiran Anda tidak terlibat dalam sesuatu yang khusus, misalnya saat bepergian di dalam bus atau kereta api, menunggu di garis, berjalan dll, Anda juga dapat mengulang mereka dalam sesi khusus setiap 5-10 menit, beberapa kali dalam sehari.

  • Rilekskan tubuh Anda dan Hilangkan setiap ketegangan fisik, emosi atau mental saat menegaskan affirmasi tersebut. Semakin kuat niat anda dan focus anda maka affimasi itu akan semakin kuat dan akan lebih cepat hasilnya. Memilih hanya kata-kata positif, yang menggambarkan apa yang Anda inginkan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan mengatakan pada diri sendiri “Aku tidak gemuk” atau “Saya kehilangan berat badan.” Karena Ini adalah pernyataan negatif, membawa ke dalam gambar mental pikiran apa yang tidak Anda inginkan. Katakanlah sebagai gantinya, “Saya menjadi lebih ramping” atau “Saya telah mencapai berat badan yang ideal“. Kata-kata yang digunakn seperti membangkitkan citra positif dalam pikiran.
  • Kekuatan afirmasi dapat membantu Anda untuk mengubah hidup Anda. Dengan menyatakan apa yang benar –benar Anda inginkan dalam kehamilan dan persalinan Anda, Anda secara mental dan emosional melihat dan merasakannya sebagai sesuatu yang benar, terlepas dari keadaan Anda saat ini, dan dengan demikian menariknya ke dalam hidup Anda.

Contoh kalimat positif/ afirmasi positif dalam kehamilan dan persalinan:

Affirmasi Ibu Hamil & Bersalin

Berikut ini contoh affirmasi yang dapat digunakan untuk persiapan persalinan:

  • Sukacita mengalir sepanjang hari setiap aku mengingat hari perkiraan kelahiran janinku.
  • Setiap kali aku berfikir tentang proses persalinanku, aku bernafas dalam kea rah perut bawahku.
  • Setiap aku tarik nafas dalam…kami merasakan kedamaian dan ketenangan mengalir keseluruh tubuh.
  • Aku menyadari pertumbuhan dan pengembangan janinku yang sempurna.
  • Aku mengetahui dan menyadari bahwa kontraksi yang aku rasakan menjelang persalinan merupakan cara yang terbaik untuk proses persalinan bayiku.
  • Setiap kali aku merasakan kontraksi di perutku…secara otomatis aku mengambil nafas dalam untuk di arahkan ke dalam perutku dan saat aku menghembuskan nafas…rasa relaksasi mengalir kedalam tubuhku.
  • Kontraksi yang kurasakan memandu bayiku dengan lemah lembut untuk lahir dari rahimku dengan tenang dan nyaman
  • Saat waktunya tiba, aku melahirkan dengan nyaman dan mudah.
  • Tubuhku semakin rileks saat aku merasakan kontraksi
  • Kita merasakan yang nyaman, aman dan yakin selama kelahiran.
  • Seluruh proses persalinanku berlangsung dengan cepat, mudah dan nyaman.

sumber : http://www.bidankita.com/joomla-license/natural-childbirth/153-the-power-of-words-and-how-they-affect-affirmasi-a-sugesti

Categories: Pengetahuan | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: