Berapa Lama Balita Tidur

bayi-tidur-e1281897444471-150x150

Tidur adalah kegiatan yang paling sering dilakukan oleh bayi. Lebih dari separuh harinya dihabiskan dengan masuk ke alam mimpi. Tapi sebenarnya, berapa lama persisnya bayi dan anak-anak harus menghabiskan waktunya untuk terlelap pulas di tempat tidur? Berikut  panduan umum tentang lama waktu yang ideal dihabiskan anak untuk tidur  :

1. Saat anak berumur 1 – 4 minggu, idealnya mereka menghabiskan 15 – 18 jam/hari untuk tidur.
Tetapi hal ini tidak terjadi terus-menerus, mereka akan terbangun dengan jeda-jeda waktu yang tidak pasti, misalnya setelah 2 atau 4 jam tertidur. Hal ini karena bayi belum memiliki jam biologis. Untuk anak yang prematur biasanya tidur lebih lama dari jam ideal, sedangkan bayi yang memiliki colic/sakit perut tidur lebih sebentar dibandingkan bayi pada umumnya.

2. Saat anak berumur 1 – 4 bulan, idealnya mereka menghabiskan 14 – 15 jam/hari untuk tidur
Bayi yang berumur 6 minggu sudah mulai dapat menentukan pola tidurnya, dan terlihat mereka mulai memiliki pola tidur yang teratur. Bayi sudah mulai teratur untuk tidur di malam hari dan biasanya waktu tidur paling lama (tanpa terbangun) adalah 6 jam.

3. Saat anak berumur 4 – 12 bulan, idealnya mereka menghabiskan 14 – 15 jam/hari untuk tidur
Walaupun 15 jam masih tergolong ideal, tetapi kebanyakan bayi di umur 11 bulan tidur hanya 12 jam. Hal ini karena bayi sudah mulai melakukan berbagai kegiatan dan mulai melihat sekitarnya, pola tidur mereka pun cenderung mengikuti orang dewasa, dan membangun pola tidur yang sehat adalah tujuan utama pada periode ini.
Bayi biasanya punya 3 kali waktu tidur siang dan berkurang menjadi dua saat menginjak umur 6 bulan, dimana saat itu mereka sudah dapat tidur pada malam hari layaknya orang dewasa. Biasanya tidur siang pertama dimulai pukul 09.00 dan bangun satu jam setelah tidur. Tidur siang kedua dimulai dari jam 12.00 – 14.00 dan bayi akan bangun setelah satu sampai dua jam setelah tidur. Dan tidur siang yang terakhir mulai dari jam 15.00 – 17.00 dengan durasi yang bervariasi.

4. Saat anak berumur 1 – 3 tahun, idealnya mereka menghabiskan 12 – 14 jam / hari untuk tidur
Ketika anak mulai menginjak umur 18-21 bulan, mereka akan mulai meninggalkan kebiasaan untuk tidur pada pagi hari dan tidur siang hanya satu kali sehari. Untuk kebanyakan anak yang berumur 21 – 36 bulan, mereka masih membutuhkan satu kali tudr siang perharinya, biasanya berkisar antara satu sampai 3,5 jam. Mereka biasanya pergi tidur antara jam 19.00 – 21.00, dan bangun antara jam 06.00 – 08.00.

5. Saat anak berumur 3 – 6 tahun, idealnya mereka menghabiskan 10 – 12 jam/ hari untuk tidur
Anak pada umur ini biasanya pergi tidur antara pukul 19.00 – 21.00 dan bangun antara pukul 06.00 – 08.00, seperti yang dilakukan pada periode sebelumnya. Pada umur 3, kebanyakan anak masih tidur siang sementara di umur 5 tahun sudah tidak. Bagi yang masih tidur siang, kuantitasnya akan berkurang seiring berjalannya waktu. Kesulitan tidur biasanya sudah tidak berkembang saat anak menginjak usia 3 tahun.

Selain usia mereka, ada berbagai faktor lain yang juga mempengaruhi waktu tidur bayi, yaitu faktor individual dan juga faktor lingkungan. Kenali cara dan jam tidur setiap anak, karena ini akan membantu bunda untuk mendorong ia memiliki tidur yang berkualitas. Happy parenting!t

sumber : http: http://www.mommeworld.com

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: